Tips yang Sedang Menghadapi Laptop Tidak Bisa Nyala

Tips yang Sedang Menghadapi Laptop Tidak Bisa Nyala.Cara pertama adalah coba kamu lepas RAM laptop kamu, lalu bersihkan pin dari RAM laptop dengan penghapus pensil, kemudian cobalah pasang kembali. Kalau bisa, pasang RAM laptop di socket yang berbeda jika laptop memiliki dua socket atau lebih pada mainboard laptop kamu. Setelah itu, kamu pastikan kembali kalau RAM sudah terpasang dengan sempurna.

Bagaimana kalau layar laptop ternyata masih tidak menunjukkan apa-apa? Kemungkinan besar RAM laptop kamu rusak, dan sudah saatnya memutuskan untuk melakukan service atau lebih amannya adalah menggantinya dengan yang baru.

Harus kamu tahu, tidak hanya RAM saja, kalau layar laptop tidak menunjukkan apa-apa saat mesin berjalan dengan baik, bisa jadi LCD atau kabel LCD-nya juga rusak dan bermasalah.

Prosesor laptop bermasalah!

Otak manusia adalah inti dari kehidupan. Tanpa otak, manusia tidak akan bisa berpikir, beraktivitas dan melakukan apapun, alias mati. Sama seperti laptop kesayanganmu, namun bedanya, otak dari laptop adalah prosesor, dan jika prosesor laptop rusak, otomatis tidak akan menyala.

Prosesor merupakan komponen paling inti pada laptop, jika prosesor rusak, maka sistem tidak akan berjalan dengan baik dan laptop tidak akan menyala. Jadi, coba kamu bersihkan debu-debu yang hinggap pada prosesor serta heatsink-nya, dan jangan lupa untuk melakukan pengecekkan pada pembuangan angin di laptopmu.

Tips lainnya adalah, buka prosesor kamu, kalau pasta prosesor alias iso thermal-nya sudah terlihat rusak atau tidak layak, bersihkan pasta yang hinggap dan gantilah dengan yang baru. Pasang lagi dengan benar, dan kamu harus hati-hati dalam melakukan pemasangan ulang ini.

Kalau masih belum ada perubahan juga, sebaiknya kamu membawa laptop untuk servis atau ya membeli prosesor yang baru!

Mainboard tidak bekerja dengan benar

Mainboard sama pentingnya dengan prosesor. Jika mainboard laptop kamu bermasalah, tidak heran jika laptop tidak mau menyala. Maka dari itu, coba lepaskan semua komponen, mulai dari DVD, hardisk, wi-fi card dan yang lainnya, bersihkan debu-debu yang menempel dan pastikan tidak ada lagi debu yang hinggap. Namun, jika laptop kamu tetap tidak bisa menyala, lagi-lagi, sudah saatnya kamu melakukan service atau menggantinya yang baru.

Jadi, intinya nih laptop yang tidak bisa nyala itu banyak penyebabnya, bisa dari baterai, charger, prosesor, mainboard hingga komponen-komponen kecil lainnya. Untuk mengetahui komponen mana yang rusak, baca tips singkat di bawah ini:

Kalau lampu indikator laptop tidak bisa nyala ketika kamu menyalakan laptopmu, itu berarti ada yang salah dengan charger, baterai atau bahkan socket laptopmu.
Jika lampu indikator menyala, mesin dan kipas juga menyala namun layar tidak menunjukkan apa-apa, kemungkinan besarnya adalah, RAM laptopmu rusak.
Jika lampu indikator laptopmu saja yang menyala, itu artinya ada masalah pada mainboard atau komponen power laptopmu!
nah, itu dia penjelasan detail menyelesaikan masalah untuk mengetahui kenapa laptop tidak bisa nyala. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah laptop yang tidak mau menyala.

Posted in Tips Merawat Komputer and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *