Tips Cara Merawat Mesin Cuci Dua Tabung

Tips Cara Merawat Mesin Cuci Dua Tabung. Mesin cuci dua tabung adalah mesin cuci yang memiliki tabung untuk spin/pengering dan wash/mencuci secara terpisah. Cara kerja mesin cuci dua tabung juga lebih sederhana dibanding mesin cuci satu tabung. Perawatan mesin cuci dua tabung juga berbeda dengan perawatan mesin cuci satu tabung. Agar mesin cuci dua tabung Anda lebih awet, simak tips berikut:

ALT

Kelebihan beban
Rata-rata penyebab rusaknya mesin cuci dua tabung adalah karena kelebihan beban sehingga motor pada tabung spin atau wash lebih lama bekerja. Sebaiknya pada saat mencuci menggunakan mesin cuci dua tabung, berikan sedikit ruang agar motor pada tabung spin/wash tidak kelebihan beban.

BACA JUGA: Tips dan Trik multiteknik.web.id

Jika Anda memiliki beban cuci yang besar namun ingin menggunakan mesin cuci dua tabung pilih mesin cuci Super Aqumagic dari Sharp yang memiliki kapasitas tabung sebesar 8 kg.
Lakukan pengecekan pada mesin cuci secara berkala
Terkadang melakukan pengecekan pada mesin cuci dua tabung sering kita lupakan, padahal langkah ini adalah salah satu langkah penting untuk menjaga keawetan mesin cuci Anda.

Sebelum mencuci sebaiknya cek putaran pada tabung wash dan spin tanpa beban, jika putaran terasa lambat atau berat sebaiknya lakukan pengecekan lebih lanjut, Kemudian periksa juga kemungkinan adanya kebocoran air yang berpotensi menyebabkan hubungan singkat.

Cek sela antara tabung spin dan body mesin cuci
Selain melakukan pengecekan pada putaran tabung mesin cuci dua tabung, cek pula sela diantara tabung spin dan body mesin cuci karena saat proses pengeringan, pakaian dapat terlempar dan masuk kedalam sela tersebut. Apabila hal ini dibiarkan maka dapat mengakibatkan putaran spin menjadi terhambat dan berpotensi menyebabkan motor pada tabung spin terbakar.

Membersihkan saluran pembuangan air
Jika Anda sudah selesai mencuci, jangan lupa untuk membersihkan saluran pembuangan air. Karena kotoran sisa deterjen yang terlalu banyak pada jalur pembuangan air dapat menyebabkan penyekat air rusak dan mengakibatkan kebocoran pada saat mencuci. Mudah bukan caranya untuk merawat mesin cuci dua tabung Anda?

Posted in Tips Alat Rumah Tangga and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *