Tips cara merawat barang elektronika agar awet

Tips cara merawat barang elektronika agar awet Barang elektronik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kita. Terlebih lagi apabila fungsinya kerap kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka tidak heran hal ini membuat para produsen barang elektronik berlomba untuk dapat berinovasi menciptakan berbagai macam alat untuk kebutuhan alat elektronik.

Barang eletronik ini bisa meliputi handphone, televisi, berbagai alat dapur dan kebutuhan lainnya. Namun ternyata, di balik kemudahan penggunaan eletronik ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, salah satunya adalah perawatan benda tersebut.

Perawatan barang eletronik ini berfungsi agar benda tersebut lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya barang eletronik lebih awet usianya. Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Tempatkan di Permukaan yang Rata, Kering dan Terhindar dari Sinar Matahari Langsung
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk merawat barang eletronik adalah dengan meletakkannya di permukaan yang rata. Tidak hanya itu, pastikan juga lokasi penempatannya ini memiliki sirkulasi udara yang lancar. Dengan demikian maka barang elektronik anda akan terhindar dari overheat yang membuatnya cepat rusak.

Selain permukaan yang rata, anda juga harus meletakkanya di tempat yang kering. Hindari lokasi yang untuk menyimpan benda elektronik. Kelembaban dapat menyebabkan korosi yang pada akhirnya mempercepat kerusakan benda eletronik tersebut.

Ada baiknya juga menghindari penempatan yang langsung terpapar sinar matahari. Hindari juga dari jangkauan anak-anak. Sebab ada beberapa benda elektronik yang dapat membahayakan.

2. Berikan Waktu Istirahat
Agar benda eletronik anda dapat bertahan lama, ada baiknya untuk tidak menggunakannya secara terus menerus. Benda eletronik juga butuh istirahat yang cukup untuk menghilangkan panas setelah pemakaian yang cukup lama.

3. Pastikan Listrik di Rumah Stabil
Langkah selanjutnya adalah mengecek kestabilan dari arus listrik yang terdapat di rumah anda. Apabila anda arus listrik anda tidak stabil maka akan mempercepat kerusakan komponen perangkat elektronik yang sedang tercolok. Selain itu, perhatikan pula stop kontak jangan sampai longgar atau kurang rapat.

4. Simpan Kartu Garansi Barang Eletronik
Hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir barang elektronik cepat rusak adalah dengan menyimpan kartu garansi barang tersebut. Ada baiknya untuk menyiapkan satu lokasi penyimpanan kartu garansi pembelian barang. Dengan adanya kartu garansi ini anda bisa memanfaatkan service gratis. Tentu saja hal ini membuat kita lebih hemat biaya.

Demikianlah informasi mengenai cara perawatan barang elektronik agar lebih awet. Semoga cara-cara di atas dapat membantu anda dalam meminimalisir kerusakan benda elektronik agar bisa digunakan lebih lama.

Posted in Tips merawat elektronika and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *