Tips Cara Membersihkan Cartridge Printer

Tips Cara Membersihkan Cartridge Printer. Cartridge merupakan komponen penting dari sebuah printer. Jika benda mungil ini rusak tentu saja akan mengurangi kualitas cetak di atas kertas. Apalagi kalau ada gangguan di mekanisme kerja roda printer, tentu akan lebih rendah lagi hasil jadinya. Oleh karena itu, merawat cartridge adalah mutlak menjadi prioritas bagi siapapun yang dalam kesehariannya menggunakan mesin cetak mini ini.

Beberapa tanda bahwa cartridge sedang ada masalah misalnya kurang jelasnya gambar yang dicetak, biasanya teksnya putus-putus. Ini karena tinta tidak keluar dengan sempurna karena ada gangguan pada head cartridge. Untuk membersihkannya, diperlukan beberapa alat bantu yaitu tissue, cawan/wadah dan air hangat atau pembersih cartridge.

Langkah berikutnya, Anda harus melepaskan cartridge dari printer. Jangan membersihkannya dalam posisi terpasang di dalam. Lap bagian bawah tempat keluar tinta (head cartridge) dengan tissue. Bagus tidaknya cartridge terlihat apakah tinta keluar dan membasahi tissue atau tidak. Jika keluar, berarti masih layak dan bagus.

Kemudian tuangkan air hangat atau pembersih cartridge ke cawan yang sudah disediakan. Tujuannya bukan untuk membasahi secara total, melainkan hanya agar head cartridge terkena air hangat. Ujungnya kemudian dicelupkan dan hindari jangan sampai konektornya terkena jari tangan dan cairan. Kalau sampai terkena, langsung dilap sampai kering sebelum dipasang kembali ke printer. Untuk mengeringkan cartridge, bisa dengan tissue.

ALT

Khusus pemilik printer Canon, cara membersihkan 

artridgenya adalah dengan merendam di dalam air hangat selama 5-10 menit. Lalu buka penutupnya dengan menggunakan cuter. Busa yang ada di dalam cartridge dilepaskan terlebih dahulu untuk kemudian dicuci hingga bersih. Serat-serat busa tersumbat oleh tinta yagn sudah mengering. Setelah itu baru dikeringkan dengan tissue. Bisa juga dengan hair dryer yang tidak terlalu panas.

Apabila semua proses sudah selesai dilakukan, maka pasang kembali busa tersebut ke dalam cartridge dan tutup tank dengan lem perekat sejenis power glue. Pengeleman ini jangan sampai terkena chip atau sirkuitnya karena bisa mengganggu cartridge. Setelah itu baru diisi dengan tinta dan tunggulah hingga 15 menit.

Merawat printer sama dengan merawat cartridge. Dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan agar mesin mungil ini tetap bisa membantu pekerjaan sehari-hari kita. Belilah cartridge di tempat-tempat yang terpercaya.

Posted in Tips Merawat Printer and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *