Tips 10 Cara memperbaiki remot tv led

Tips 10 Cara memperbaiki remot tv led.Cara Memperbaiki Remot TV harus anda perhatikan agar tidak sering membeli remot saat remot tv anda rusak. Beragam merek dan jenis TV bisa kita temukan dengan mudah. Mulai dari yang harganya luar biasa mahal, hingga yang termurah sekalipun. Jika ditilik lebih jelas lagi, maka bisa dikatakan bahwa hampir seluruh rumah yang dialiri listrik, akan memiliki perangkat yang satu ini. Meski begitu, membeli sebuah TV tentu harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, setidaknya dengan mengikuti Tips Memilih TV . Pertimbangan yang matang sejak awal, akan memungkinkan kita untuk bisa menemukan sebuah TV berkualitas baik dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara memperbaiki remot tv

Alat ini sangat dibutuhkan untuk membuat siaran TV menjadi lebih jelas dan terang, sehingga acara menonton menjadi lebih menyenangkan. Terapkan dengan baik Cara Memasang Antena TV Di Rumah , sehingga TV dapat menayangkan siaran jernih dengan hasil terbaik. Penting untuk mempertimbangkan jenis antena TV yang paling sesuai, agar antena tersebut memang bisa bekerja dengan baik, ikuti Tips Memilih Antena TV untuk mendapatkan antena TV yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain kedua parangkat tersebut di atas, remot TV adalah salah satu benda yang hampir tidak bisa dipisahkan dari keberadaan TV itu sendiri. Peralatan ini membuat kegiatan menonton TV menjadi jauh lebih menyenangkan, sebab dengan mudah kita bisa berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya. Benda yang satu ini juga membuat kegiatan menonton menjadi jauh lebih menyenangkan dan praktis, mengingat ada banyak iklan dan juga hal lainnya yang terkadang “memaksa” kita untuk segera beralih dari satu saluran ke saluran TV lainnya. Kita tentu tidak ingin menghabiskan waktu hanya dengan menonton tayangan iklan saja, bukan?

Pastikan untuk hanya menggunakan remot yang tepat saja, sehingga peralatan tersebut bisa bekerja dengan baik dan membuat acara menonton TV menjadi lebih nyaman. Penting untuk selalu menjaga peralatan mungil ini dengan baik, sebab remot TV rentan mengalami kerusakan jika terjatuh atau terkena cairan.

Namun selain kedua hal tersebut, selalu ada saja hal yang mungkin membuat remot TV rusak dan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Jika sudah begini, bisa dipastikan acara menonton TV akan terganggu dan tidak lagi menyenangkan. Untuk itu, atasi kerusakan tersebut dengan baik, yakni dengan memperbaiki remot tersebut dengan cara yang tepat. Simak 10 cara memperbaiki remot TV berikut ini:

1. Cek Daya Baterai Sebagaimana kita ketahui, baterai menjadi satu-satunya sumberdaya yang terdapat di dalam remot TV. Untuk itu, sangat penting memastikan bahwa baterai yang kita gunakan memang masih layak dan memiliki daya yang cukup untuk mengoperasikan remot tv tersebut. Lakukan pengecekan tegangan baterai dengan menggunakan avo meter, sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas berapa tegangan baterai pada remot tersebut. Setidaknya, baterai harus memiliki tegangan lebih dari 1 volt DC, sehingga baterai ini bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jika tegangan baterai berada di bawah angka tersebut, maka bisa dipastikan remot tv tersebut tidak akan berfungsi.

2. Periksa Konektor Baterai Bukan hanya pada baterai saja, lakukan juga pengecekan pada bagian konektor baterai remot (tempat baterai tersebut terpasang). Hal ini sangat penting dilakukan sejak awal, sebab bisa saja konektor dalam kondisi kotor atau bahkan sedikit berkarat. Kondisi konektor yang speperti ini sudah pasti akan menghalangi daya baterai ke remot, sehingga remot tidak bisa bekerja dengan baik. Bersihkan konektor dengan teliti, terutama jika terdapat karat pada bagian-bagian tersebut.

3. Lakukan Penggantian Baterai Jika daya baterai memang sudah lemah dan tegangannya kurang dari 1 volt DC, maka cobalah untuk melakukan pengantian baterai remot dengan yang baru. Gunakan baterai yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan remot tersebut, sehingga remot bisa bekerja dengan baik sebagaimana biasanya. Setelah penggantian baterai yang baru, segera test kembali remot tv untuk mengetahui kinerja remot tersebut.

4. Bersihkan Bagian Keypad Bila setelah penggantian baterai, remot masih belum juga bisa bekerja dengan baik, maka lakukan pengecekan pada bagian keypad remot. Bagian ini rentan dan seringkali terkena kotoran dan bahkan cairan sekalipun, yang pada akhirnya bisa mengganggu kinerja remot. Cek bagian-bagian keypad remot secara seksama dan bersihkan bagian tersebut dengan baik, sehingga semua kotoran yang menempel bisa hilang dengan menyeluruh.

5. Cek Printed Circuit Board (PCB) Setelah keypad dibersihkan dengan baik, namun belum juga membuat remot tersebut bisa bekerja sebagaimana mestinya, maka memeriksa PCB adalah langkah selanjutnya yang wajib dilakukan. Bongkar dan cek PCB (bagian plat / papan yang menjadi tempat berbagai komponen remot disolder) dengan teliti. Lakukan pembongkaran ini dengan hati-hati menggunakan obeng kecil ataupun cutter, sehingga bagian body dan komponen lainnya di dalam remot tidak akan mengalami kerusakan. Pastikan semua bagian yang tersolder memang benar-benar dalam kondisi baik, artinya tidak ada yang lepas dan rusak.

Hal ini sangat penting, sebab jika salah satu solderan saja tidak terpasang dengan baik, maka remot tersebut tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Cek satu persatu komponen yang terpasang di sana, sehingga semua komponen memang berada pada posisi yang baik dan sempurna (tidak lepas).

6. Keringkan Bagian Yang Basah Saat membongkar bagian dalam remot, pastikan semua bagian dalam kondisi kering dan tidak lembab, sebab hal ini bisa saja merusak komponen dan membuat remot tidak bisa bekerja dengan baik. Jika ternyata ada bagian dalam remot atau komponen di sana yang basah akibat terkena cairan, maka segera lap dan keringkan dengan baik. Cairan yang masuk dan mengenai komponen atau PCB di dalam remot, kemungkinan merusak dan membuat parangkat tersebut mati total (tidak bisa berfungsi sama sekali).

7. Cek Led Infrared Cara Memperbaiki Remot TV yang selanjutnya adalah cek led infrared. Meski terbilang sangat jarang rusak, namun selalu ada kemungkinan led infrared pada remot tidak bisa bekerja dengan baik. Cek bagian ini dengan dengan teliti, terutama pada bagian solderan yang kerap mengalami gangguan akibat putus atau bahkan patah di bagian kaki led. Jika salah satu hal tersebut terjadi pada led infrared, maka buka dan lepaskan led dari solderannya, sebab besar kemungkinan komponen ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik lagi.

8. Ganti Led Infrared Ganti led infrared yang rusak dengan menggunakan led baru. Pastikan untuk selalu menggunakan tipe dan juga ukuran yang sama, sebab jika tidak sesuai dengan led sebelumnya, bisa saja komponen tersebut tidak dapat bekerja pada remot tv tersebut. Pasang kembali led yang baru dengan hati-hati, dan pastikan semua kaki-kakinya tersolder dengan baik pada PCB, sehingga komponen ini bisa bekerja dengan baik nantinya

9. Cek Bagian Yang Di Solder Jangan lupa untuk kembali melakukan pengecekan pada semua bagian-bagian yang tersolder pada PCB, sebelum akhirnya melakukan pemasangan kembali body remot seperti semula. Lakukan pengecekan ini secara detail, untuk memastikan semua komponen memang telah berada pada posisi yang tepat dan dalam kondisi yang baik. Kita tentu tidak ingin direpotkan kembali dengan pekerjaan membongkar ulang remot tersebut dari awal, bukan?

10. Pasang Kembali dan Test Setelah melakukan pengecekan akhir dengan teliti pada semua sisi PCB yang tersolder, maka lakukan pemasangan kembali bagian PCB pada body remot tersebut. Penting untuk melakukan hal ini dengan hati-hati, agar semua komponen yang tersolder tetap dalam kondisi baik dan tidak bergeser ataupun lepas, sebab hal tersebut bisa saja membuat remot rusak kembali dan pekerjaan memperbaikinya hanya akan menjadi sia-sia saja. Pastikan semua komponen terpasang dengan baik sebagaimana mestinya, sehingga remot tv ini siap untuk digunakan kembali. Lakukan test pada tv setelah semua bagian remot terpasang dengan baik, jika semua komponen bagian dalam sudah terpasang dengan benar, maka remot tv tersebut tentu sudah bisa digunakan seperti semula.

Memperbaiki remot tv tentu akan membutuhkan kesabaran dan juga ketelitian yang tinggi, mengingat akan ada banyak komponen-komponen yang terpasang dengan baik di dalamnya. Bukan hanya itu saja, sebagian besar komponen ini bahkan berukuran sangat kecil, sehingga harus diperlakukan dengan ekstra hati-hati. Selalu rawat semua perangkat elektronik dengan baik, sehingga awet dan bisa digunakan dengan maksimal.

Leave a Reply