Skema Tone Control + Power Amplifier OCL

Skema Tone Control + Power Amplifier OCL Power amplifier OCL pada artikel ini merupakan Skema power amplifier tipe OCL yang dilengkapi dengan pengatur nada berupa tone control baxandal dengan IC. Rangkaian power amplifier OCL ini dapat memberikan daya output sebesar 70 watt untuk tiap kanalnya. Rangkaian power amplifier pada gambar rangkaian dibawah adalah

ALT

Skema power amplifier OCL diatas terdiri dari dua bagian utama yang dapat di uraikan sebgai berikut:
ALT

Bagian pengatur nada pada power amplifier OCL ini berfungsi untuk mengtu level penguatan nada bass dan nada treble sinyal audio yang diberikan ke rangkaian power amplifier OCL tersebut. Rangkaian pengatur nada (tone control) ini adalah jenis pengatur nada baxandall aktif dengan 2 kanal pengaturan nada yaitu nada bass dan nada treble. Penguat sinyal audio pada bagaian tone control ini adalah 2 unit IC LM301 dimana unit Op-Amp LM3012 pertama berfungsi sebagai penguat depan dengan konfigurasi penguat non-inverting dan unit Op-Amp LM301 kedua berfungsi sebagai filter aktif baxandall dengan konfigurasi penguat inverting.

Pada skema tone control power amplifier OCL diatas kontrol level sinyal audio (volume) diletakan pada bagian depan rangkaian tone control baxandall. Selain sebagai pengatur nada rangkaian pengatur nada ini berfungsi sebagai penguat depan sinyal audio.
ALT

Skema power amplifier OCL yang digunakan pada rangkaian tersebut diatas adalah power amplifier tipe OCL (Output Capasitor Less) dengan daya output 70 Watt. Rangkaian power amplifier OCL 70 Watt ini bekerja pada kelas AB dengan sumber tegangan VCC simetris dari ± 25 volt DC sampai ± 32 volt DC. Rangkaian power amplifier OCL 70 watt ini menggunakan transistor power komplementer TIP 2955 dan transistor TIP 3055. Power amplifier 70 watt pada rangkaian tersebut dapat digunakan untuk menggerakan beban (loudspeaker 4-16 Ohm). Power supply rangkaian power amplifier ini dapat menggunakan rangkaian power supply simetris dengan arus 5A. Untuk sistem audio stereo perlu membuat rangkaian power amplifier OCL + tone control diatas 2 unit.cukup sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply