Skema Sensor Gerak Menggunakan Pir & ic NE555

Skema Sensor Gerak Menggunakan Pir dan ic NE555. Sensor gerak adalah sensor yang berfungsi untuk pendeteksi gerakan yang bekerja dengan cara mendeteksi adanya perbedaan/perubahan suhu sekarang dan sebelumnya menjadi listrik.

PIR (Passive Infra Red)
Sensor PIR (Passive Infra Red) adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi adanya pancaran sinar infra merah dari suatu object. Sensor PIR bersifat pasif, artinya sensor ini tidak memancarkan sinar infra merah tetapi hanya menerima radiasi sinar infra merah dari luar.

Berikut Rangkaian Sensor gerak menggunakan Sensor PIR dan IC NE555

 

 

alt

DAFTAR KOMPONEN:

1. PIR HR-SC501 1 buah
2. Mylar 100nF 1 buah
3. IC NE555 1 buah
4. ELCO 1uF 1 buah
5. Resistor 330, 100k @1 buah
6. Transistor BC547 1 buah
7. Relay 5V 1 buah
8. Dioda 1n4002 1 buah
9. Lampu 1 buah

Prinsip Kerja:
Pada saat terjadi gerakan pada jarak kurang lebih 5m didepan Sensor PIR, maka gerakan tersebut diubah menjadi tegangan listrik yang kemudian mentrigger pin 2 IC NE555 . Output pin 3 IC NE555 mengaktifkan driver relay yang menyababkan relay pada mode Normally Close sehingga listrik AC mengalir ke Lampu sehingga lampu menyala. Lama hidupnya lampu diatur oleh komponen R2 dan C1 yang dirangkai monostable bersama IC NE 555.

Sensor gerak menggunakan modul pir sangat simpel dan mudah diaplikasikan karena Modul PIR hanya membutuhkan tegangan input DC 5V cukup efektif untuk mendeteksi gerakan hingga jarak 5 meter. Ketika tidak mendeteksi gerakan, keluaran modul adalah LOW. Dan ketika mendeteksi adanya gerakan, maka keluaran akan berubah menjadi HIGH. Adapun lebar pulsa HIGH adalah ±0,5 detik. Sensitifitas Modul PIR yang mampu mendeteksi adanya gerakan pada jarak 5 meter memungkinkan membuat suatu alat pendeteksi gerak dengan keberhasilan lebih besar.

Posted in Skema Elektronika and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *