Skema Sensor Cahaya Menggunakan LDR

Skema Sensor Cahaya Menggunakan LDR. Dalam kehidupan sehari-hari , kita tidak bisa lepas dari kebutuhan akan listrik. Salah satu fungsi listrik yaitu sebagai penerangan dalam keadaan gelap.
Sensor cahaya adalah sensor yang memanfaat intensitas cahaya sebagai inputan sensor. Salah satu komponen elektronika yang memanfaatkan sensor cahaya adalah LDR (Light Dependent Resistor) dimana dalam keadaan LDR terkena cahaya terang maka hambatannya akan kecil , jika LDR tidak terkena cahaya (gelap) maka hambatannya akan besar.
Berikut salah satu contoh rangkaian sensor cahaya.

1. Light Sensor
Keadaan dimana lampu akan menyala pada saat komponen LDR tidak mendapatkan cahaya.

altKomponen-komponen yang dibutuhkan:
a. LDR 1 buah
b. Resistor 100k, 1k @1 buah
c. Transistor BC547 2 buah
d. Battery 9V 1 buah
e. Dioda 1n4002 1 buah
f. Lampu 1 buah
Prinsip Kerja
LDR dan R1 sebagai pembagi tegangan. Saat LDR Tidak mendapakan cahaya (gelap) maka hambatan pada LDR semakin besar >100k dan R1 kecil maka tidak ada arus yang melewati kaki basis Transistor Q1 dan Transistor Q2 tidak mengaktifkan relay RL1 (Normally Open).
Saat LDR mendapakan cahaya maka hambatannya menjadi kecil <100k sehingga arus melewati kaki basis Transistor Q1 dan mengaktifkan Transistor Q2 yang mengaktifkan relay RL1 dari keadaan Normally Open ke Normally Close sehingga lampu mendapatkan arus lisrik bolak-balik dari sumber tegangan AC.

2. Dark Sensor
Keadaan dimana lampu akan menyala pada saat komponen LDR mendapatkan cahaya.

ALTKomponen-komponen yang dibutuhkan:
a. LDR 1 buah
b. Resistor 10k, 1k @1 buah
c. Transistor BC547 2 buah
d. Battery 9V 1 buah
e. Dioda 1n4002 1 buah
f. Lampu 1 buah
Prinsip Kerja
LDR dan R1 sebagai pembagi tegangan. Saat LDR mendapakan cahaya maka hambatannya menjadi kecil <10k dan R1 lebih besar sehingga tidak ada arus yang melewati kaki basis Transistor Q1 dan Transistor Q2 tidak mengaktifkan relay RL1 (Normally Open).
Saat LDR tidak mendapatkan cahaya (gelap) maka hambatannya kecil >10k dan R1 lebih rendah sehingga arus melewati kaki basis Transistor Q1 dan mengaktifkan Transistor Q2 yang mengaktifkan relay RL1 dari keadaan Normally Open ke Normally Close sehingga lampu mendapatkan arus lisrik bolak-balik dari sumber tegangan AC.

Klik icon Whatsapp Chat Otomatis

Leave a Reply