Skema Lampu Otomatis Menggunakan SCR2P4M

Skeama lampu otomatis menggunakan SCR2P4M. Skema ini merupakan rangkaian yang menerapkan sensor cahaya yaitu LDR .
Silicon Controlled Rectifier ( SCR ) adalah salah satu komponen yang mirip dengan transistor karena memiliki tiga buah kaki. Tapi kaki pada SCR tidak sama dengan kaki yang terdapat pada transistor. Kaki yang terdapat pada SCR terdiri dari ; A = Anoda, G = Gate, K = Katoda.
SCR ini memiliki berbagai macam daya dan kekuatan, misalnya saja SCR yang memiliki daya dan kekuatan sebesar 100 V / 2A. Ini berartii SCR tersebut hanya bisa dipakai tidak lebih dari 2 Ampere atau sama dengan tak lebih dari 200 Watt. Fungsi SCR adalah sebagai pengatur daya dan juga sebagai saklar arus yang otomatis.

ALT

Daftar Komponen:
1. SCR 2P4M / FIR3D 1 buah
2. Dioda 1N4002 4 buah
3. Resistor 4K7, 33K, 820K @1 buah
4. LDR 1 buah
5. Lampu 1 buah

Prinsip Kerja :
BR1 = Penyearah listrik AC ke DC
LDR = Sensor Cahaya
SCR = Saklar dan penguat daya (500V / 2A)

Pada saat LDR tidak mendapatkan cahaya maka hambatan LDR menjadi besar sehingga arus listrik yang sudah disearahkan oleh BR1 mengalir ke SCR dan dikuatkan dayanya yang menyebabkan lampu menyala. saat LDR mendapatkan cahaya atau dalam keadaan terang maka hambatannya kecil , lebih kecil dari R1, R2, R3 yang dirangkai sedemikian rupa sehingga arus tidak sampai ke LDR karena terhambat oleh R1,R2,R3 yan menyebabkan arus tidak sampai ke lampu (padam)

Klik icon Whatsapp Chat Otomatis

Leave a Reply