Skema Inverter Tiga Phase

Skema Inverter Tiga Phase Inverter 3 phase merupakan inverter dengan tegangan keluaran berupa tegangan bolak balik (ac) 3 phase per segi. Sebuah rangkaian dasar inverter 3 phase tunggal sederhana terdiri dari 3 buah inveter 1 phase dengan menggunakan mosfet
daya (power mosfet) sebagai sakelar diperlihatkan pada gambar dibawah. Tegangan suplai merupakan sumber dc dengan tegangan sebesar Vs, dengan titik netral merupakan titik hubung dari titik bintang (Y) pada beban. Terdapat 2 jenis mode operasi dari inverter jenis ini, yaitu mode kondusi 120° dan mode konduksi 180°. Diagram blok dari inverter 3 phase dapat dilihat pada gambar berikut.

Diagram Blok Inverter 3 Phase

ALT

Dari mode konduksi, inverter 3 phase dibedakan atas atas: inverter 3 phase mode konduksi 120 derjat. Inverter 3 phase dengan mode konduksi 120° memungkinkan setiap komponen pensakelaran akan konduksi selama 120° dengan pasangan konduksi yang berbeda, misalnya 60° pertama antara Q1Q6, dan 60° ke dua antara Q1Q2, dan seterusnya.

inverter 3 phase mode konduksi 180 derjat Inverter 3 phase dengan mode konduksi 180° memungkinkan 3 komponen pensakelaran konduksi pada saat yang bersamaan. Ke tiga komponen pensakelaran akan konduksi selama 180° dengan pasangan konduksi yang juga berbeda-beda.

Dari segi teknik pensakelaran (switching technique) dibedakan atas;

  1. inverter persegi (square inverter)
  2. inverter pwm (inverter pwm)
  3. inverter quasi pwm (quasi pwm inverter)

Inverter pada umumnya digunakan secara luas untuk keperluan industri, diantaranya:

  1. Penyedia daya bolak-balik cadangan.
  2. Peralatan pengendali frekuensi untuk kebutuhan industri.
  3. Peralatan pengendali kecepatan motor induksi (single phase and poly phase ac induction motor control).

Penerapan penggunaan inverter juga biasa digunakan secara luas untuk keperluan sehari-hari, misalnya sebagai penyedia sumber energi listrik cadangan untuk keperluan komputer, peralatan pengendali tegangan pada pusat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).Cukup sekian semoga bermanfaat.

Klik icon Whatsapp Chat Otomatis

Leave a Reply