Pengertian Dioda Zener,Fungsi dan Prinsif Kerjanya

Pengertian Dioda Zener,Fungsi dan Prinsif Kerjanya. Dioda zener adalah Komponen Elektronika yang terbuat dari Semikonduktor dan merupakan jenis Dioda yang dirancang khusus untuk dapat beroperasi di rangkaian Reverse Bias (Bias Balik).

Diode Zener merupakan semikonduktor paling banyak di gunakan karena mudah dan sederhana di bandingkan dengan yang lain. Selain sederhana dan mudah dioda Zener juga banyak di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Simbol dan Bentuk Dioda ZenerALT

Fungsi Dioda Zener
Pada umumnya komponen ini di gunakan untuk kestabilan arus listrik, karena arus litrik akan lebih baik dalam keadaan stabil.

Jika dioda lainnya di gunakan sebagai penyearah arus, Dioda Zener memiliki fungsi yang sedikit berbeda yaitu sebagai penstabil tegangan.

Dioda zener tidak mempengaruhi arus yang lewat pada rangkaian, jadi hanya menstabilkan tegangannya saja

Cara pemasangannya pun masih sama seperti pemasangan dioda pada umumnya

Lihat gambar rangkaian di bawah

alt

  1. Rangkaian diatas merupakan power supply penstabil tegangan menggunakan dioda zener 5,1 V
  2. Maka output tegangan yang keluar memiliki kisaran 5 V
  3. Ada juga rangkaian penstabil tegangan yang menggunakan IC Regulator
  4. Dengan catatan tegangan supply lebih besar dari 5 V
  5. Jika tegangan supply dibawah 5 V, maka percuma saja jika dipasang dioda zener
  6. Maka dari itu syaratnya adalah tegangan supply lebih besar dari voltage Dioda zener tersebut
  7. Ada beberapa macam dioda zener dengan penstabil tegangan yang berbeda
  8. Antara lain seperti 5V, 12V, 24V dan lain –lain

Prinsip Kerja Dioda Zener
Pada dasarnya, Dioda Zener akan menyalurkan arus listrik yang mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas “Breakdown Voltage” atau Tegangan Tembus Dioda Zenernya. Karakteristik ini berbeda dengan Dioda biasa yang hanya dapat menyalurkan arus listrik ke satu arah. Tegangan Tembus (Breakdown Voltage) ini disebut juga dengan Tegangan Zener.

ALT

Dalam Rangkaian diatas, Dioda Zener dipasang dengan prinsip Bias Balik (Reverse Bias), Rangkaian tersebut merupakan cara umum dalam pemasangan Dioda Zener yang dipasang secara seri.

Dalam Rangkaian tersebut, tegangan Input (masuk) yang diberikan adalah 12V tetapi Multimeter menunjukan tegangan yang melewati Dioda Zener adalah 5V. Ini artinya tegangan akan turun saat melewati Dioda Zener yang dipasang secara Bias Balik (Reverse Bias). Sedangkan resistor tersebut digunakan sebagai pembatas arus listrik

Arus yang mengalir tidaklah berubah karena dioda zener hanya menstabilkan tegangan bukan arus, nilai arus akan berubah jika tegangan supply lebih besar/kecil (diganti) ataupun resistor diganti dengan nilai lain

Dioda Zener akan memberikan tegangan tetap dan sesuai dengan Tegangan Zenernya terhadap Tegangan Input yang diberikan. Cukup sekian keterangan tentang pengertian dioda zener dan pungsi nya semoga bermanfaat.

Posted in Komponen Elektronika and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *