Mengenal Voltage Dependent Resistor ( VDR )

Mengenal Voltage Dependent Resistor [ VDR ] VDR adalah “ Voltage Dependent Resistor “ semikonduktor yang secara prinsip sebagai penggabungan secara anti pararel dari hubungan seri PN Junction. Ketika sebuah tegangan variabel DC disambungkan ke VDR (Voltage Dependent Resistor)
tanpa memperhatikan polaritas, arus mengalir menyebabkan tegangan diseluruh PN Junction yang terhubung seri. Oleh karena itu, VDR (Voltage Dependent Resistor) mempunyai tahanan tinggi saat tegangan rendah dan bertahanan rendah saat tegangan tinggi.
ALT

Keterangan:
Pelat Metal
Zing oxid
Metal oxid
Bahan PVC
Kaki VDR (Voltage Dependent Resistor)
Karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor)
VDR (Voltage Dependent Resistor) disebut juga sebagai varistor yaitu suatu resistor dengan nilai tahanan yang variabel non-linier tergantung dari nilai tegangan yang diberikan pada VDR (Voltage Dependent Resistor) tersebut. Nilai resistansi VDR (Voltage Dependent Resistor) akan tinggi pada saat tegangan yang diberikan pada VDR tersebut berda dibawah tegangan ambang (treshold) dan resistansi akan turun dengan cepat pada saat tegangan yang diberikan pada VDR tersebut melebihi nilai ambang (treshold).
ALT
Gambar Karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor)

Dari karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor) di atas, dapat kita ketahui bahwa dengan bertambah besarnya harga tegangan yang terdapat diujung kedua VDR (Voltage Dependent Resistor), maka hambatan VDR (Voltage Dependent Resistor) semakin menurun. Dalam praktek VDR (Voltage Dependent Resistor) digunakan sebagai stabilisator tegangan, atau sebagai pengaman rangkaian terhadap kelebihan tegangan. Cukup sekian keterangan Voltage Dependent Resistor [ VDR ] semoga bermanfaat.

Posted in Skema Elektronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *