Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Cepat.Bad sector di hardisk ini akan membuat kamu cemas karena bad sector ini akan membuat sebagian ruang hardisk rusak. Dan akibatnya sector tidak akan merespon permintaan dari pengguna.

Jenis kerusakan bad sector yaitu hardisk rusak karena fisik seperti terjatuh dengan keras dan hardisk rusak karena software. Untuk hardisk yang rusak karena fisik ini tidak bisa diperbaiki, sementara rusak karena software bisa diperbaiki.

Bad sector bisa terjadi pada 2 tipe hardisk yaitu hardisk SSD (Solid State Drives) dan hardisk magnet (hardisk komputer lama). Untuk mengatasinya anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian mempelajari cara mudah untuk memperbaikinya.

Tipe hardisk bad sector ada 2 yaitu :

• Hard bad sector
• Soft bad sector

Mari kita bahas satu per satu dari tipe hardisk bad sector ini.

1. Hard bad sector (fisik)

Hard bad sector adalah storage yang rusak pada hardisk yang disebabkan oleh benturan fisik dari luar. Contohnya hardisk terjatuh dan komponen di dalamnya ada yang rusak, hardisk terkena debu dan merusak sector hardisk, cairan flash memory sudah mengering sehingga menyebabkan bad sector dan hal – hal lainnya.

Tipe kerusakan fisik ini bisa dilihat oleh mata secara langsung, apa penyebabnya. Jika hard bad sector ini terjadi maka hardisk sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

2. Soft bad sector (software)

Soft bad sector adalah storage hardisk yang kinerjanya terganggu atau error. Soft bad sector ini terjadi karena sistem operasi yang membaca data hardisk di sector lain. Hal ini ditandai dengan adanya ECC (Error Correcting Code) yang tidak sesuai dengan konten sehingga menyebabkan sector menunjukkan sesuatu yang keliru.

Sistem operasi akan membacanya sebagai bad sector, tapi untungnya kerusakan ini bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan Tools Windows Disk Check untuk memperbaiki soft bad sector ini.

Penyebab hardisk bad sector

Sebelum ke tahap memperbaiki, sebaiknya kalian harus mengenali apa saja penyebab terjadinya hardisk bad sector ini. Oke, ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan hardisk bad sector diantaranya :

• Hardisk overheat / panas
• Listrik tidak stabil
• Komputer terkena malware
• Hardware sudah tua
• Ruangan kotor
• Hardisk terjatuh dan merusak komponen
• Kesalahan dalam shutdown komputer
• Hardisk terkena malware
• Hardisk SSD drop
• Komputer sering dimatikan paksa

Hal yang paling ngeselin pada masalah bad sector ini adalah hardisk failure data yang hilang. Hal ini disebabkan karena bad sector yang sudah menjamur di hardisk komputer anda, disarankan untuk membackup data supaya file – file penting tetap berada di tangan anda dan tidak akan hilang dikarenakan bad sector tersebut.

Bad sector menjadi masalah terbesar pada komputer, saat terjadi bad sector maka komputer akan memperingatkan kepada anda dan bisa berkembang cepat di komputer anda jika tidak segera diperbaiki. Bad sector ini menyebabkan kegiatan membaca dan menulis di hardisk menjadi terlewati atau diabaikan.

Pada beberapa bad sector kecil tidak akan membuat hardisk komputer menjadi failure, tapi efeknya bisa membuat hardisk mu menjadi tambah parah.

Cara memperbaiki hardisk bad sector

Windows mempunyai fitur Disk Check tools yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan di hardisk komputer apakah hardisk sedang terkena bad sector. Tools ini bisa anda jalankan secara manual atau otomatis, tapi windows akan menjalankan Disk Check saat hardisk terjadi masalah termasuk bad sector. Simak baik – baik, cara Memperbaiki hardisk bad sector :

• Pertama, buka aplikasi Windows Explorer > klik kanan pada drive yang ingin di scan > pilih properties. Kemudian pindah ke tab tools > klik Check Now di bagian error – checking. Setelah itu akan muncul program dengan opsi yang harus dipilih > beri ceklis kedua opsi tersebut untuk memindai sekaligus memperbaiki bad sector pada hardisk.

Tapi, jika drive yang ingin diperbaiki sedang digunakan maka proses tidak bisa dilakukan. Windows akan menjadwalkan pengecekan secara otomatis ketika anda merestart komputer. Proses dari pengecekan ini cukup lama, membutuhkan waktu sampai berjam – jam. Anda harus melakukan pemindaian pada saat komputer tidak digunakan.

Jika anda ingin membuat jadwal pengecekan maka windows mulai melakukannya saat anda merestart komputer. Jika ingin membatalkan penjadwalan, anda bisa melakukan cara di bawah ini.

Pertama silahkan anda buka Commond Promt pada administrator mode dengan cara klik kanan dan pilih run as di administator. Kemudian ketik chkntfs /x c: (ganti huruf “c” dengan huruf hardisk yang dijadwalkan). Lalu tekan enter untuk membatalkan penjadwalan pemindaian hardisk.

Selain cara di atas, ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk memperbaiki hardisk bad sector ini yaitu dengan menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master. Aplikasi ini berfungsi untuk memeriksa bad sector secara langsung pada hardisk windows 7, 8 dan 10.

Cara menggunakannya : klik kanan pada disk yang ingin dipindai > kemudian pilih Surface Test > aplikasi akan menampilkan hasil dari pindaian berupa bad sector yang berwarna merah. Setelah itu, anda bisa melihat beberapa sector buruk pada perangkat komputer anda yang harus segera diperbaiki.

Cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan HDD Regenerator

  • Penyebab hardisk bad sector

HDD Regenerator (HDDR) merupakan software komputer yang berfungsi untuk memperbaiki hardisk bad sector pada HDD. Aplikasi ini melakukan pemulihan atau perbaikan pada sector yang bermasalah supaya bisa berfungsi seperti sedia kala. Selain itu, HDDR bisa digunakan untuk semua merk hardisk komputer.ALT

Cara menggunakan HDD Regenerator :

Install software HDD Regenerator di komputer anda > anda bisa download aplikasinya melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Setelah di install, buka aplikasi Regenerator nya > anda akan menemukan tab menu seperti regeneration, help, full version dan tulisan click here to repair bad sector.

Setelah itu akan muncul 2 menu :

• Bootable USB Flash (melakukan pemulihan bad sector melalui kabel USB).
• Bootable CD / DVD (melakukan pemulihan bad sector melalui DVD / CD).

Anda bisa pilih tab menu regeneration untuk melakukan pemulihan bad sector secara langsung dengan kondisi windows aktif. Kemudian pilih Start Process Under Windows > pilih drive yang akan di scan > pilih start process.

Maka akan muncul seperti CMD untuk memberitahukan kerja dari HDD Regenerator dan proses perbaikan hardisk bad sector. Setelah itu akan muncul tulisan seperti scan but do not repair, scan and repair, show statistic, regenerate all sector in a range.

Anda pilih scan and repair untuk melakukan perbaikan dan isi nominal MB : misalnya isikan 10 > pilih M > proses sedang berjalan dan tunggu sampai proses selesai, biasanya memakan waktu yang lama.

Cara ini tidak menjamin bad sector bisa diatasi dengan sempurna, tapi apa salahnya mencoba. Jika hardisk sudah diperbaiki tapi tidak kembali normal, anda bisa mencobanya lagi hingga beberapa kali. Jika tetap tidak bisa, bawa komputer ke tempat reparasi.

Cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Spinrite

Software ini kerjanya sama seperti HDD Regenerator, tapi Spinrite ini bekerja dengan booting. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu memakai dua hardisk dalam satu komputer. Anda hanya perlu flashdisk atau CD / DVD untuk bootable file ISO kemudian diburningkan.

Cara mencegah hardisk bad sector

Saya sudah menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur Disk Check tools untuk mengecek hardisk apakah terkena bad sector atau tidak. Cara mencegah bad sector ini harus anda lakukan supaya tidak terjadi kejadian bad sector untuk yang kesekian kalinya. Diantaranya :

• komputer harus memiliki sistem pendingin
• ruangan sekitar komputer harus bersih
• hindari komputer dari ruangan yang panas
• install antivirus di komputer anda dan scan secara rutin
• Gunakan UPS supaya mencegah komputer mati mendadak
• tata semua kabel hardware supaya tidak berantakan
• matikan komputer jika ingin memindahkannya ke tempat lain

Untuk mengantisipasi terjadinya bad sector ini cukup mudah, anda hanya perlu membackup semua data – data penting dan jika ada data yang hilang, silahkan scan hardisk anda dengan Disk Check tools yang sudah saya berikan caranya di atas.

Posted in Tips Merawat Komputer and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *